Mengatasi Kerusakan Pada Water Heater Lebih Awal

Sudah kewajiban bagi si pemilik barang untuk melakukan perawatan untuk membuat barang yang dimilikinya bertahan lama. Ini termasuk juga jika Anda memiliki dan menggunakan water heater atau pemanas air, pastinya akan melakukan berbagai macam perawatan mulai perawatan yang mudah dan dilakukan sendiri hingga memanggil teknisi sehingga kinerja mesin water heater tersebut tetap baik dan juga harga solar water heater sangat murah.
Memang setiap jenis mesin yang dipakai tentunya memiliki masa atau waktu penggunaan, sehingga menjadi hal yang wajar jika suatu hari mengalami kerusakan kecil. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya kesalahan penggunaan ataupun memang waktu penggunaan mesin yang berlebihan. Kerusakan kecil water heater bisa menjadi besar, jika Anda sebagai pengguna membiarkan kerusakan kecil itu terjadi. Nah, untuk menghindari berbagai resiko dan kerusakan yang jauh lebih parah, maka Anda haruslah waspada seperti mengenali kerusakan kecil pada water heater lebih awal sehingga bisa segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya.
Jika diperlukan, mintalah bantuan kepada para teknisi untuk mengatasi kerusakan yang ada pada produk water heater yang Anda gunakan. Adapun beberapa kerusakan kecil pada water heater yang perlu diketahui sedini mungkin guna untuk menghindari resiko kerusakan yang lebih besar :

Periksa waktu proses pemanasan air, jika kurang dari 1 menit maka ini perlu di waspadai karena waktu normalnya adalah lebih dari 1 menit untuk proses pemanasan air menggunakan water heater.
Cek apakah terasa sengatan listrik pada aliran air yang telah dipanaskan.
Jika aliran air yang keluar dari kran sedikit dan juga pendek, maka ini mengindikasikan adanya penyumbatan yang terjadi.
Pemanas ar Anda mengeluarkan suara birisik
Jika Anda sering menggunakan water heater, maka tidak menutup kemungkinan jika terjadinya juga kebocoran pada alat itu.
Air panas yang dihasilkan mengeluarkan bau ? Ini menunjukkan bahwa ada yang aneh atau terjadi kesalahan pada batang anoda. Kita bisa mencoba untuk membereskan bau pada water heater ini sendiri ataupun meminta bantuan pada ahlinya.
Bau yang tercium berbeda, dan pemanas air sulit untuk dihidupkan maka pastikan Anda berusaha untuk mencari tahu penyebabnya.
Hati-hati jika pemanas air sulit dihidupkan bahkan tidak bisa menyala, maka jangan pernah memaksa karena bisa saja terjadi ledakan yang pastinya akan membahayakan si pengguna.
Dari beberapa kerusakan kecil di atas jika dibiarkan terkadang justru bisa berakibat fatal jika tidak segera diperbaiki. Semoga Anda para pengguna water heater bisa lebih memperhatikan hal-hal kecil tersebut. Semoga bermanfaat! -apuy-